Cara Menguatkan Sinyal GPS yang Lemah di Android

Artikel FAQ Tutorial

GPS merupakan suatu sistem yang berfungsi menentukan letak atau lokasi di seluruh permukaan bumi. GPS biasanya diaktifkan untuk mencari lokasi yang akan kita tuju menggunakan Google Maps.

Akan tetapi, kita akan mengalami kejadian sinyal GPS yang error sehingga kita tidak bisa menggunakannya. Nah, kali ini kami akan memberikan cara untuk menguatkan sinyal GPS yang error atau lemah di Android. Yuk langsung simak.

1. Mengaktifkan WIFI terus-menerus

Mengaktifkan WIFI secara terus menerus walaupun tidak tersambung dengan jaringan atau HotSpot manapun, dapat meningkatkan kualitas daya tangkap GPS kita.


2. Mengaktifkan GPS terus-menerus

Memang sih, mengaktifkan sinyal GPS akan membuat baterai kamu cepat habis. Akan tetapi, tidak masalah jika kamu mencari lokasi yang akan kamu tuju. Dengan mengaktifkan secara terus-menerus, akan membuat sinyal GPS tidak terus mencari sinyal GPS dan beradaptasi dengan sinyal saat itu juga. Namun jika tidak digunakan, sebaiknya matikan saja fitur GPS agar baterai kamu lebih awet.


3. Merefresh data GPS

Jika mengaktifkan GPS secara terus-menerus tidak menghasilkan sinyal GPS yang kuat. Cara selanjutnya yang dapat kamu lakukan adalah merefresh data GPS. Hal ini akan membuat sinyal GPS kamu kembali mencari data di lokasi yang sudah kamu tentukan. Caranya, kamu hanya perlu menonaktifkan fitur GPS lalu mengaktifkan lagi.


4. Mengaktifkan Mode Akurasi Tinggi di Dalam GPS

Dengan mengaktifkan mode akurasi tinggi atau High Accuracy di dalam GPS, hal ini akan membuat sinyal GPS kamu akan jauh lebih kuat dari sebelumnya. Caranya yaitu kamu dapat menekan fitur GPS dan menahannya lalu pilih Mode setelah itu pilih Akurasi Tinggi.


5. Restart Smartphone

Cara yang keempat yaitu merestart smartphone kamu jika sinyal GPS lemah. Dengan cara tersebut, fitur GPS yang ada di Android kamu akan memuat ulang datanya. Hal ini juga akan membersihkan semua cache yang terdapat di smartphone kamu agar smartphone kamu dapat bekerja lebih optimal.


6. Menggunakan Aplikasi Active GPS

Jika keempat cara di atas masih belum menghasilkan sinyal GPS yang kuat, cara terakhir yang dapat kamu lakukan yakni dengan menggunakan aplikasi Active GPS. Aplikasi ini memiliki ukuran 277KB dan memiliki sensor GPS aktif dengan 3 mode yaitu lambat, normal, dan cepat.

Nah, itulah 5 cara menguatkan sinyal GPS yang lemah di Android. Pasti kesel kan jika sinyal GPS kita lemah sehingga kita kesulitan untuk menemukan lokasi yang akan kita tuju. Selamat mencoba dan semoga bermanfaat.


Sumber : https://jalantikus.com/tips/cara-menguatkan-sinyal-gps-yang-lemah-di-android/

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *