Bagaimana Cara Mengatur Limitasi Piutang Customer Pada Aplikasi Best Distributor – neTurmeric?

FAQ Tutorial

Aplikasi neTurmeric memiliki fleksibilitas tinggi untuk mengatur batasan piutang pelanggan, baik pembatasan di sisi nominal, jumlah nota piutang maupun waktu atau jatuh tempo.

Maka langkah-langkah yang harus dilakukan oleh user dengan minimal memiliki Level Khusus pada Master Relasi adalah sebagai berikut :

1. Masuk ke menu “Data Master >> Manajemen Relasi >> Master Relasi”

Posisi menu Master Relasi dapat terlihat seperti gambar berikut.

Letak Modul Master Relasi

2. Lakukan Pencarian Pelanggan yang Akan Diatur Limit Piutangnya.

Ketik kata kunci kode atau nama pelanggan pada fitur pencarian di ujung kiri atas menu Master Relasi.

Klik tombol “Pencarian” warna biru dengan icon kaca pembesar, jika setelah memilih pelanggan, halaman belum berpindah ke halaman “Data Umum” pelanggan.


3. Masuk ke Tab “Pengaturan Khusus”

Pada halaman ini, terdapat 3 (tiga) inputan yang terkait dengan pengaturan limit piutang, yaitu:

Tampilan Halaman Tab Pengaturan Khusus di Master Relasi

a. Term of Payment (Top) berfungsi untuk mengatur default jangka waktu (hari) penentuan tanggal jatuh tempo dari tanggal penerbitan faktur atau nota piutang. Artinya, jika pelanggan ini belum melakukan pelunasan piutang setelah melewati batas tanggal yang ditentukan, maka pelanggan tersebut tidak dapat melakukan transaksi hingga piutangnya terlunasi.

b. Limit Piutang (Rp) berfungsi untuk mengatur nilai nominal plafon maksimum piutang yang bisa diberikan kepada pelanggan tersebut. Seperti contoh di atas diisi 5 juta rupiah, artinya pelanggan tersebut hanya bisa bertransaksi dengan batasan piutang sampai dengan 5 juta saja.

c. Limit Nota Piutang (Lembar) berfungsi untuk mengatur jumlah nota piutang maksimum yang bisa diterbitkan atau ditransaksikan untuk pelanggan tersebut. Jika terisi 1 (satu) seperti contoh di atas, artinya pelanggan tersebut tidak bisa melakukan transaksi piutang kedua, jika yang pertama belum dilunasi.


Demikian semoga bermanfaat…

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *