Di tahun 2022 ini, kita tahu adanya perubahan PPN dari 10 persen menjadi 11 persen. Dengan alasan marketing, bagi sebagian perusahaan bisa jadi menghendaki harga jual + ppn tidak mengalami kenaikan walaupun secara pajak naik. Hal ini tentu memerlukan perubahan harga pada masing-masing barang.

Nah kali ini, admin akan membahas bagaimana cara melakukan perubahan harga secara cepat. Silahkan simak langkah-langkah berikut ini :

Yang Pertama, silahkan buka menu Perubahan Harga dan klik “Tambah Perubahan Harga”.

Berikutnya, isikan tanggal transaksi sesuai dengan tanggal berlakunya harga. Lalu isikan keterangan dengan kalimat yang mudah dipahami.

Berikutnya, catat nomor PHR nya dan klik “Template Excel” untuk mengunduh format harga jual masing-masing barang.

Kemudian, silahkan buka file Excel yang telah terdownload lalu lakukan penyesuaian harganya. Yang perlu diperhatikan adalah tidak boleh mengubah apapun pada file excel kecuali harga dan kode PHR.

Berikutnya, Klik “Upload Excel”, lalu pilih file excel, dan klik “Import Now”.

Proses import harga jual secara kolektif ke aplikasi telah berhasil. Langkah terakhir adalah menerapkan perubahan harga tersebut ke master barang secara permanen. Perlu diketahui, penerapan PHR ke master barang ini sifatnya replace. Sehingga membutuhkan konfirmasi secara manual. Saat tanggal berlakunya, aplikasi akan meminta konfirmasi seperti berikut.

Silahkan klik “periksa”, lalu akan ada tombol “Ubah Harga Sekarang”. Tombol ini pun hanya akan muncul pada saat tanggal berlakunya PHR saja.

Demikian artikel kali ini, semoga bermanfaat.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

You may also like

WhatsApp Hubungi kami